Friday, April 28, 2017

Badan Geologi Kirim Tim untuk Selidiki Sebab Amblasnya Sumur Warga

MenaraImpian.com - Badan Geologi Kirim Tim untuk Selidiki Sebab Amblasnya Sumur Warga


www.menaraimpian.com

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani akan mengirim tim untuk meneliti penyebab ambalasnya sumur warga di dua dusun di Kediri, Jawa Timur. Pihaknya hingga kini belum mengetahui dengan pasti penyebab amblasnya sumur warga tersebut.


"Ini kan memang tim belum kami turunkan ke sana ya, kita ingin tau persis apa yang terjadi di sana. Karena kalau dilihat persis ini kan di daerah dataran yang sebenarnya ini kan daerah yang untuk potensi longsor itu kan relatif kecil, kecuali daerah-daerah tebing atau sungai," ujar Kasbani saat dihubungi detikcom Kamis (27/4/2017).

Kasbani mengatakan, penyebab amblasnya tanah dapat terjadi karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah adanya bekas sungai purba yang berada di bawah tanah. 


"Ini saya belum tau, karena namanya amblas itu kan bisa juga karena sesuatu ada kondisi geologi apakah di situ ada bekas sungai purba, kemudian bagaimana, kita nggak tau ya. Makanya tim akan kita kirimkan ke sana, mudah-mudahan besok sore sudah sampai di sana," katanya.

Lokasi dusun yang berada di kawasan Gunung Kelud yang hingga kini masih aktif juga dimungkinkan menjadi penyebab amblasnya sumur warga. Hal ini karena struktur tanah yang berada di lokasi tersebut dapat berasal Gunung Kelud.


"Itu kan dia berada di bagian bawah lereng Gunung Kelud, dia kan prodak-prodaknya gunung api Kelud, bisa saja ada batuan-batuan, ada yang batuan lepas atau apa gitu kan. Atau mungkin ada endapan-endapan yang dulu atau endapan purba yang bisa saja juga sungai-sungai purba. Tapi ini perlu dipastikan dulu di sana," jelasnya.


Kasbani juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada akibat amblasnya sumur warga tersebut. "Ini masih kemungkinan, karena memang lerengnya juga rendah, kemudian itu juga dari ketinggiannya relevasinya sekitar 240an di atas permukaan laut. Kita harus melihat kondisi geologi yang ada di situ, apakah struktur geologinya ada patahan atau tidak. Yang jelas masyarakat harus waspada karena itu kan ada potensi untuk longsor-longsor susulan seperti itu, perlu adanya sosialiasi," pungkasnya.
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment